DIET REST

Apakah anda memiliki berat badan yang berlebih atau termasuk berstatus gizi lebih? Kemudian anda sudah mencoba berbagai macam diet namun selalu gagal, maka ada baiknya anda coba menerapkan diet yang satu ini !!

Apakah anda pernah mendengar “Diet REST”??

Diet REST disebut juga dengan DIET RENDAH ENERGI SEIMBANG TERATUR.

Diet REST merupakan salah satu bentuk pengaturan makanan, aktivitas fisik, dan psikologis terhadap makanan sehari-hari sehingga menjadi suatu gaya hidup. Makna dari REST adalah beristirahat dari makanan tinggi gula, garam dan lemak jenuh serta rendah serat, berisitirahat dari kegiatan bermalas-malasan, dan beristirahat dari keinginan makan yang tidak terkontrol serta beristirahat dari pola istirahat yang tidak beraturan.

Mengapa seseorang harus menjalankan DIET REST ?

Diet REST sebenarnya bukan pilihan, tapi wajib dilakukan jika :

  1. Mempunyai BB lebih (overweight dan obesitas)
  2. Berkeinginan mempertahankan BB
  3. Menginginkan turun BB lagi walaupun saat ini anda sudah berada dalam kategori normal, misal untuk kepentingan pekerjaan, dll
  4. Sering merasa capek dan lelah serta tidak bersemangat
  5. Mudah mengantuk padahal jam tidur sudah melebihi 8 jam
  6. Nafas tidak kuta atau ngos-ngosan ketika naik turun tangga yang Cuma 1-2 lantai
  7. Tampak lebih tua dari usia yang sesungguhnya
  8. Kulit kering, tidak cerah bahkan keriput padahal belum menupause
  9. Buang air besar agak sulit dan tidak lancar
  10. Saat mood buruk

Efek yang dirasakan oleh pelaku diet REST diantaranya adalah :

  • Tubuh terasa LEBIH BUGAR
  • Daya tahan tubuh MENINGKAT
  • Kulit LEBIH CERAH
  • Penurunan kadar kolesterol darah
  • Penurunan tekanan darah
  • Terlihat LEBIH MUDA

Adapun prinsip Diet REST adalah :

  1. DER (Densitas Energi Rendah)

yang diutamakan pada prinsip DER adalah setiap kali makan hidangan tersebut dipastikan mempunyai densitas energi rendah yaitu < 2,0 kcal/gram untuk makanan utama dan <1,5kcal/gram untuk makanan selingan. (Untuk menghitung densitas anda harus mempunyai daftar kandungan energi bahan makanan dan mengetahui berat timbangan anda dalam satuan gram).

Contoh :

Untuk makanan selingan :

2 potong tahu goreng mempunyai berat 110 gram. kandungan energi tahu goreng 2 potong adalah 175 kcal yang berasal dari energi yang terkandung dalam tahu dan energi yang terkandung dalam minyak untuk menggoreng tahu.

Densitas energi hindangan ini adalah 175/110 =1,6 kcal/g.

Bila kita lihat sesuai dengan prinsip DER maka makanan tersebut memiliki densitas energi tinggi. Sehingga dalam diet REST makanan yang diolah dengan digoreng sangat dihindari.

Dibawah ini terdapat TIPS untuk berhasil dengan hidangan DER :

  1. Sayur adalah makanan utama dalam DIET REST, maka jika anda tidak terlalu suka sayur, lakukanlah hal berikut ini : makanlah sayur bersamaan dengan bumbu; ketika makan nasi, balut nasi dalam sayuran. Dalam satu suapan jumlah sayur lebih banyak dari nasi; Ketika makan lauk, balut lauk dalam sayuran ; dan ketika hanya menyuap nasi dan lauk, suapan berikutnya harus sayur saja.
  2. Sekali makan sayur terdiri dari beberapa jenis, agar porsinya lebih kecil dan tidak bosan saat mengkonsumsinya
  3. Ketika makan ayam, sisihkan kulitnya
  4. Ketika makan gorengan peraslah terlebih dahulu dengan menggunakan tisu
  5. Ketika mengkonsumsi makanan yang diolah dengan santan maka jangan habiskan kuahnya dan lebih baik lagi tiriskan sayur atau lauk yang diolah dengan santan tersebut sebelum dikonsumsi
  6. Setiap mengkonsumsi makanan berlemak, kurangilah porsinya dari biasa yang anda makan. setelah itu kenyangkan dengan konsumsi 1 porsi buah.
  7. Saat mengolah juice buah jangan ditambahkan gula atau susu
  8. kurangi konsumsi gula pada saat meminum teh,kopi atau susu
  9. Hidangan yang digoreng dengan tepung maka minyaknya akan terserap banyak pada bagian tepung tersebut, jadi utamakan makan bagian dalamnya saja
  10. bagian telur mempunyai kandungan gizi yang sangat berbeda, putihnya protein dan kuningnya lemak, jadi konsumsilah sumber proteinnya saja.
  11. GIS (Gizi Seimbang)

Makanlah makanan beraneka ragam. Jumlah terbesar yang harus dikonsumsi adalah air. Selanjutnya jenis terbesar yang harus dikonsumsi adalah bahan makanan dengan densitas energi rendah yaitu sayur dan buah. konsumsi sayur dan buah bisa dikonsumsi bersama atau saling menggantikan jika anda termasuk yang tidak menyukai salah satunya. SAYUR DAN BUAH MERUPAKAN MAKANAN MUTLAK DALAM DIET REST.

Sayur dan buah adalah makanan yang memiliki densitas yang rendah.

Bahan makanan sumber karbohidrat, pilihlah yang sumber karbohidrat tinggi serat dan rendah indeks glikemiknya. seperti beras merah, roti gandum, kentang. Untuk sumber protein yang disarankan dalam diet REST adalah putih telur, susu rendah lemak dan tempe. Gunakan minyak hanya untuk menumis dan campuran untuk salad. Membatasi konsumsi makanan yang digoreng dan disantan kental maksimal 3 porsi perhari dapat mengontrol asupan lemak jenuh dan lemak trans. Terakahir , jangan lupa lakukan aktivitas fisik (terapkan pola hidup aktif).

  1. FRET (Frekuensi teratur)

Frekuensi makan tetap mengacu pada pola kebiasaan makanan tiap orang. jika seseorang frekuensi makan 5 kali (3 makanan utama dan 2 kali selingan) dalam sehari maka tetap terapkan namun dengan mengubah densitas makanan, maka perut akan merasakan kenyang lebih lama. Yang perlu diperhatikan disini adalah jarak waktu makan dan kesamaan jam makan dari hari ke hari. Berdasarkan kajian ilmiah makanan paling lama dilambung 4 jam sehingga setelah itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan. Jam makan dari hari kehari harus diusahakan sama untuk memaksimalkan proses metabolism zat gizi sehingga membuat kerja organ pencernaan lebih efisien.

  1. STOP E2 (Emotional Eating)

Ketika seseorang melihat makanan padahal sebenarnya dia bar saja makan kenyang, dan kemudian tetap mengonsumsi makanan tersebut maka disebut orang ini mengalami Emotional Eating. Pada banyak kasus emotional eating kecendrungannya adalah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat yaitu yang mengandung gula, garam dan lemak tinggi. Tips control emotional eating diantaranya adalah :

  1. Makanlah perlahan dan tidak terburu-buru, tidak sambil asyik ngobrol, tidak sedang bersukaria atau bersedih sehingga anda akan merasakan makanan sedang berjalan masuk kedalam tubuh. Sehingga rasa kenyang akan mudah dikenali dan dirasakan.
  2. Saat keinginan makan datang, jangan awali dengan mengonsumsi makanan yang dogoreng, serta makan dan minum yang manis
  3. Yakinkan diri anda bahwa makan tidak hanya untuk kenyang dan puas, namun bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan tubuh
  4. Gantilah isi kulkas atau lemari dengan menyimpan makanan dan minuman yang sehat.
  5. Lakukan latihan yoga dan meditasi secara rutin
  6. Yakinkan pada diri anda bahwa untuk memperoleh sesuatu harus ada usaha dan pengorbanan. Selalu semangat.

DAFTAR PUSTAKA

Ramayulis, Rita. 2014. 101 TIPS Berhasil Diet Rest ala RITA RAMAYULIS. Gramedia Putaka UTama, Jakarta.

By “Adingpintar”

==========SELAMAT MENCOBA DIET REST========

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s