Peranan Zat Gizi dalam Penatalaksanaan Gangguan Jiwa

1.    Depresi
Beberapa penyebab dari depresi mayor diantaranya adalah adanya kesedihan, kecemasan serta kehilangan selera makan. Kejadian depresi dihubungan dengan rendahnya kadar serotonin, dopamin, noradrenalin dan gama amino asam butirat (GABA). Pengaturan makan yang baik dan seimbang terbukti dapat meningkatkan kadar neurotransmitter tersebut. Beberapa zat gizi tersebut adalah :
a)    Zat gizi seperti triptofan, tirosin dan fenilalanin dapat membantu produksi transmitter /penghantar dengan efek antidepresan. Sumber triptofan terdapat pada Telur, daging, yoghurt, susu, kacang-kacangan, biji-bijian, oats, keju. Sumber  fenilalanin terdapat pada kacang kedelai, daging, telur, padi dan sumber tirosin terdapat pada Daging, susu, ikan, dan tumbuhan polong.
b)    Asam lemak omega 3 juga terbukti dalam membantu kerja neurotransmitter dengan cara mengkonversi omega 3 menjadi prostaglandin dan leukotriena atau dengan mempengaruhi transduksi sinyal di sel otak. Suplementasi omega 3 dengan dosis harian 0,1 – 6,0 g  terbukti efeknya untuk pengobatan penderita depresi.
Dietitian of Canada, 2010 menuliskan bahwa asam lemak omega terdiri dari 3 jenis yaitu ALA (alpha- linolenic acid), DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid). Sumber ALA adalah canola, kedelai, biji kenari dan flaxseed (sereal dari biji bunga flax). Sumber EPA adalah  minyak ikan ( ikan kod, Herring, Mackerel, salmon dan sardines. Sumber DHA adalah minyak ikan ( ikan kod, Herring, Mackerel, salmon dan sardines serta dari fermentasi alga. The Association of UK, 2014 menuliskan bahwa makanan sumber asam lemak omega–3 terbanyak terdapat pada ikan. Jika ada yang tidak dapat mengkonsumsi ikan maka sumber bahan makanan yang dapat dikonsumsi adalah kacang-kacangan dan seed seperti biji bunga kenari, biji labu kuning; minyak sayur dan produk soya seperti kacang, susu, dan tahu.
2.    Gangguan Bipolar
Seseorang yang memiliki gangguan kejiwaan yang rumit disebut dengan gangguan bipolar. Seseorang dengan gangguan bipolar biasanya diobat dengan obat penstabil mood. Webster-Gandy, 2014 menuliskan bahwa asam lemak omega 3 sebagai kemungkinan dari terapi gangguan bipolar. Asam lemak omega 3 berperan dalam mempertahankan pengenceran membran sel yang mempengaruhi fungsi reseptor neurotransmitter.
3.    Skizofrenia
Skizofrenia adalah penyakit gangguan kejiwaan yang ditandai dengan adanya halusinasi, paranoia, delusi, dan malfungsi bicara ataupun pikiran. Patofisiologi skizofrenia ditandai dengan adanya gangguan metabolisme asam amino, khususnya penurunan sintesis serotonin (Webster-Gandy, 2014 ). Beberapa zat gizi yang berperan dalam pengobatan skizofrenia adalah suplementasi asam amino. Suplementasi asam amino terbukti dapat menguragi beberapa gejala skizofrenia tanpa efek yang merugikan.
4.    Eating Disorders
Eating Disorders (Eds) /gangguan makan termasuk didalamnya adalah anoreksia nervosa (AN) dan bulimia nervosa (BN) serta gangguan makan lain yang tidak ditetapkan (EDNOS-Eating Disorders Not Otherwise Specified). Eating Disorders merupakan interaksi yang kompleks antara genetik, neurobiologi, karakteristik kepribadian dan lingkungan.
Anoreksi Nervosa
Anoreksi nervosa adalah suatu kondisi dimana seseorang menolak untuk menjaga berat badan normal, ketakutan yang hebat terhadap kenaikan berat badan dan menunjukkan gangguan yang signifikan pada persepsi terhadap bentuk dan ukuran tubuh.

Reff :

  1. Dietitian of Canada.2010. Food Sources of Omega-3 Fats. (www.dietitians.ca ) (www.hc-sc.gc.ca/fc-an/nutrition/fische-nutri-data/index-eng.php).
  2. Lanigan, Julie. 2014. Food Fact Sheet : Omega 3. The British Dietetic Association (BDA), The Association og UK Dietitians.
  3. Webster-Gandy, Joan., Madden, Angela & Holdsworth, Michelle (editor). 2014. Gizi dan Dietetika (A Handbook of Nutrition and Dietetics). Edisi 2. Alih Bahasa : Hutagalung, Mario Sadar Bernito., Nugroho, Aryanditho Widhi., Hadiningsih, Tuti & Riskiyah, Sapte Yanti. Editor Edisi Bahasa Indonesia : Angelina, Bhetsy & Iskandar, Miskiyah Tiflani. EGC, Jakarta.

By Yetti Wira Citerawati SY

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s