TIPS MENGGAPAI KESEJAHTERAAN JIWA DAN RAGA

Stres sangat berdampak terhadap kesehatan tubuh kita bahkan dampak hingga ke sistem utama tubuh. Dengan gizi yang baik, maka dapat menurunkan dampak dari stres terhadap tubuh dan secara efektif dan memperbaiki kerusakan yang telah ditimbulkan sebelumnya.
Terdapat empat aspek penting yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres, yaitu :
1.    Gizi seimbang
Gizi seimbang sangat diperlukan saat seseorang mengalami stres karena jika gizi tidak seimbang maka tubuh akan menggunakan simpanan didalam tubuh. Keadaan ini jika terus berlangsung akan menurunkan pertahanan tubuh sehingga membuat mudah sakit dan justru akan meningkatkan level stres yang dialami.
2.    Lakukan diet seimbang
Diet seimbang yang dapat dilakukan diantaranya dengan mengkonsumsi zat gizi dibawah ini :
Vitamin B:  Membantu tubuh untuk mengatasi stres dan mengontrol sistem saraf
Protein:       Membantu pertumbuhan dan memperbaiki jaringan
Vitamin A:  Sangat diperlukan untuk penglihatan yang normal
Vitamin C:   Memproteksi sistem imun (antioksidan). Menurunkan jumlah kortisol dari dalam tubuh.
Magnesium:Relaksasi otot, membentuk asam lemak, membuat sel-sel baru dan meregulasi detak jantung.
3.    Hindari makanan tertentu
4.    Meningkatkan asupan gizi untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Untuk mengendalikan stres maka perlu ada manajemen stres.

Adapun manajemen stres diantaranya adalah :
1).Hapuslah semua pikiran negatif yang ada
Hilangkanlah pikiran-pikiran negatif yang selalu muncul setiap menghadapi masalah karena pikiran negatif tersebut justru akan meningkatkan level stres.
2).Adopsilah pikiran-pikiran yang positip
Rilekskanlah pikiran dan balikkanlah pikiran-pikiran yang negatif tadi menjadi pikiran yang positip.
3).Kontrollah emosi dengan baik
Mengontrol emosi dapat dilakukan dengan cara :
a.    Rileks dan tetap berpikir positip
b.    Mengidentifikasi emosi dan cobalah berpikir jernih apakah dengan emosi dapat menyelesaikan masalah
c.    Hadapi masalah yang ada dan berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Jika seseorang mampu mengontrol emosinya maka hal ini akan sangat menguntungkan karena ini akan menurunkan level stres didalam tubuh
4).Rilekskan pikiran
Faktor terpenting dalam relaksasi adalah memfokuskan pikiran.  Dengan merilekskan pikiran maka akan membuat menjadi tenang. Ada berbagai macam cara untuk merilekskan pikiran diantara dengan cara :
a.    Istirahat : Istirahat yang cukup dapat menurunkan level stres.
b.    Tidur : tubuh membutuhkan tidur untuk pemulihan. Tidur dikatakan cukup sekitar 8-9 jam setiap hari. Jika tubuh tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka tubuh akan mengalami penurunan konsentrasi, kelelahan dan tidak bertenaga.
c.    Rekreasi /hiburan
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merilekskan pikiran adalah dengan cara melakukan hal-hal yang kita sukai/gemari (hobi).

By Yetti Wira Citerawati SY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s